---gtag google anaylitc terbaru ----end code Tanaman Padi - go.khoiri.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman Padi

Padi merupakan tanaman utama dalam peradaban manusia, tanaman ini dibudidayakan secara massal di daerah yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Budidaya padi pada umumnya dengan bijinya. Padi menyukai air yang menggenang untuk membantu pertumbuhannya. Bila dipandang sekilas, maka bentuk daun tanaman padi mirip dengan serai, dengan tinggi tanaman tidak sampai setinggi rumput gajah. Tanaman padi juga mirip dengan tanaman rumput lainnya, namun tanaman padi bisa berbunga atau membentuk malai.  Dari malai ini munculnya butir-butir gabah yang akan diolah untuk menjadi beras. Masa penanaman padi berusia 3 bulan mulai dari semai hingga panen.
Proses pemanenan ialah dengan cara memotong malai padi yang isinya sudah berwarna kuning. Kemudian menjemur nya di tempat yang panas, dan langkah selanjutnya adalah di giling dengan mesin selep.
Hama yang menyerang tanaman padi bermacam-macam, mulai dari wereng, tikus dan yang paling ditakutkan bagi pertanian adalah hama burung. Untuk mengatasi hama burung, petani menggunakan boneka petani di sawah yang terbuat dari kayu yang berpeci. Kemudian ditarik dengan seutas benang yang panjang, tiap jarak beberapa meter diberi kaleng bekas yang diisi dengan kelereng sehingga bisa berbunyi nyaring dan  membuat burung ketakutan dan lari
Klasifikasi Ilmiah Padi sebagai berikut  :
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus Oryza
Spesies: O. sativa
Nama binomial Oryza sativa
Produksi padi Indonesia menempati peringkat ketiga setelah Tiongkok dan India. Dengan hasil sebesar 66 juta metrik ton sebagai mana yang dikeluarkan oleh FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian) pada tahun 2011 .
Untuk melihat sekilas tanaman padi terdapat pada video di bawah ini:

Post a Comment for "Tanaman Padi"

close